Senin, 23 Mei 2016

GameFight: Rise of the Tomb Raider VS Uncharted 4

rottr-vs-uc4
Anda dan kami tahu bahwa ini jadi pertarungan yang tak lagi terhindarkan. Dua buah game yang mungkin menawarkan karakter utama dan cerita yang berbeda, tetapi mengusung mekanik dasar gameplay yang hampir sama. Keduanya bercerita tentang penjelajah yang berusaha mengejar artifak kuno dengan janji sebuah harta karun yang bahkan tak bisa ditemukan oleh penjelajah legendaris sekalipun. Dan tentu saja, keduanya tak akan bisa melakukannya dengan mudah apalagi dengan sosok antagonis yang sepertinya berusaha mengejar hal yang sama. Baik Uncharted dan Rise of the Tomb Raider mengusung sisi aksi, eksplorasi, dan sedikit bumbu puzzle di dalamnya. Menariknya lagi? Kedua bersaing dengan cita rasa yang serupa di tahun yang sama, yang membuat artikel GameFight menjadi pertarungan yang mau tak mau, harus terjadi.
Anda yang sempat membaca review kami sebelumnya, baik untuk Rise of the Tomb Raider maupun Uncharted 4, tentu bahwa kami jatuh hati dengan dua buah game ini. Rise of the Tomb Raider adalah penyempurnaan dari seri pertama yang kini menawarkan sosok Lara Croft yang lebih tangguh dengan konflik misterius yang lebih personal. Hampir semua hal yang disukai gamer dari seri pertamanya diperkuat di seri kedua ini dengan ragam inovasi yang memukau. Sementara Uncharted 4: A Thief’s End juga tak berbeda. Dikembangkan oleh tangan dingin Naughty Dog, ia berakhir jadi sebuah game super solid yang memenuhi hampir semua hype yang sempat tercipta sebelum rilis resminya. Kami tak ragu menyebutnya sebagai salah satu alasan solid untuk mulai memikirkan Playstation 4 sebagai konsol pilihan karena kualitasnya yang pantas dipuji. Keduanya hadir dengan peningkatan yang lebih baik dari rilis seri sebelumnya.
Dengan semua persamaan elemen dan kualitas yang hampir serupa ini, Rise of the Tomb Raider dan Uncharted 4: A Thief’s End pantas untuk masuk ke dalam ring pertarungan untuk artikel GameFight kali ini. Siapakah yang menurut kami berhasil tampil lebih baik? Kami akan membahasnya dari setiap elemen yang ada, termasuk kelemahan, kekurangan, dan siapa yang berhak mendominasi dari setiap kategori tersebut.

Plot

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (75) Uncharted 4 new story trailer (41)
Seperti yang sempat kami bicarakan sebelumnya, Rise of the Tomb Raider dan Uncharted 4 sebenarnya berbagi sebuah konsep yang sama – seorang penjelajah yang berusaha mencari harta karun klasik untuk sebuah harta karun / kekuatan yang menakjubkan. Menariknya lagi? Keduanya juga berusaha mengeksplorasi pendekatan cerita yang lebih personal  dengan menggali masa lalu atau rahasia karakternya yang tak pernah dibicarakan sebelumnya. Lara Croft berusaha mempelajari masa lalu sang ayah dan artifak yang berakhir menjadi obsesinya. Di saat yang sama, ia juga “diburu” oleh sebuah organisasi misterius yang sepertinya mengejar hal yang sama dan berakhir dengan sebuah plot twist. Namun sayangnya di mata kami, ini tetap berakhir jadi sebuah game action dengan alur cerita yang klise. Sementara di sisi lain, lewat seri keempatnya, Uncharted mulai mendewasa. Ini bukan lagi sekedar soal Nathan Drake yang terlibat aksi gila untuk petualangan terakhirnya, tetapi juga soal pengkhianatan, pengorbanan, dan sebuah kesimpulan dari kisah yang terbangun selama ini. Untuk urusan plot, Uncharted 4 jadi jawara.

Rise of the Tomb Raider (0) VS Uncharted 4 (1)


Visualisasi

Rise-of-the-Tomb-Raider-jag Uncharted 4 jagatplay PART 1 (159)
Baik Rise of the Tomb Raider maupun Uncharted 4 adalah sebuah game yang secara visual, memang tampil memesona. Keduanya dibangun dengan platform generasi saat ini sebagai fokus hingga ada kesempatan untuk menawarkan sebuah game yang lebih indah dari sisi estetika. Tekstur yang lebih baik, lingkungan yang lebih luas, efek cahaya, ledakan, dan kehancuran di sana-sini, serta detail wajah yang kini tampil lebih baik. Pendekatan kamera yang sinematik di beberapa titik juga cukup untuk membuat kita merasa tengah menikmati sebuah film ber-budget tinggi di layar lebar. Namun jika harus mencari siapa yang terbaik, maka Uncharted 4 juga harus diakui memenangi kategori yang satu ini. Implementasi physics, detail kualitas tata cahaya, hingga kemampuannya untuk menangkap emosi tiap karakter lewat detail ekspresi wajah yang memesona membuatnya terasa lebih mengagumkan daripada Rise of the Tomb Raider itu sendiri. Tak hanya itu saja, efek lumpur atau sekedar rambut yang basah juga membuat Uncharted 4 terlihat mengagumkan.

Rise of the Tomb Raider (0) VS Uncharted 4 (2)


Gameplay

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (225) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (266)
Gameplay mungkin satu-satunya yang tak terlalu naik signifikan dari Uncharted 4 dan jauh lebih menarik di Rise of the Tomb Raider. Naughty Dog memang berusaha menawarkan sesuatu yang lebih inovatif lewat konsep dunia yang linear tetapi lebih luas dan sistem grappling hook untuk ekstra aksi di dalamnya. Namun pada akhirnya, walaupun dengan handling senjata yang lebih baik sekalipun, ia tak terasa punya banyak peningkatan dibandingkan seri-seri sebelumnya. Hal inin terasa berbeda dengan Rise of theTomb Raider yang kini mengeksplorasi lebih jauh sensasi game open-world yang ada. Dunia luas yang bisa Anda kunjungi kapanpun Anda inginkan, weapon handling yang terasa lebih realistik apalagi dengan panah yang jadi andalan, hingga kebutuhan untuk mencari resource secara konsisten untuk memperkuat diri adalah kombinasi yang berakhir jauh lebih kompleks dan menarik. Uncharted 4 memang punya puzzle yang lebih solid, tetapi bukan berarti Rise of the Tomb Raider tak menguji otak Anda di beberapa titik permainan.

Rise of the Tomb Raider (1) VS Uncharted 4 (2)


Character Design

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (77) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (50)
Desain karakter tak pernah hanya soal seperti apa tampilannya di luar, pakaian, aksesoris, atau senjata seperti apa yang digunakan. Karena pada akhirnya, berbeda dengan game-game yang mengeksplorasi sisi mitologi atau fantasi dengan makhluk raksasa di dalamnya, baik Rise of the Tomb Raider maupun Uncharted 4 tetaplah berfokus pada sosok “manusia biasa” dengan petualangan yang luar biasa. Kategori ini justru bersinar dari seberapa baik mereka memproyeksikan karakter yang mereka tawarkan dalam kapasitas mereka sebagai manusia biasa. Untuk urusan yang satu ini, Naughty Dog adalah rajanya. Ia meramu sebuah cerita dimana karakter berjalan dan bereaksi sebagaimana manusia yang selama ini Anda tahu. Elena sedih ketika Nathan berbohong padanya dan Anda bisa melihat semua hal itu jelas lewat ekspresi yang ada, atau Sully yang semakin tua dan terlihat semakin bijaksana, hingga Nadine yang seolah bisa Anda kenali kekuatannya dari sekedar proporsi tubuh dan stance-nya ketika bertarung. Rise of the Tomb Raider sendiri terlalu berfokus pada sosok Lara Croft hingga tak ada celah bagi karakter lain untuk bersinar. Berita buruknya untuk Lara Croft? Sebagian besar ekspresinya, setidaknya 85% darinya, berisikan erangan dan teriakan rasa sakit.

Rise of the Tomb Raider (1) VS Uncharted 4 (3)

Music

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (223) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (90)
Sebutkan satu music yang paling Anda ingat ketika selesai memainkan Rise of the The Tomb Raider? Anda dan saya mungkin berakhir garuk-garuk kepala karena memang lagu latar belakang yang Anda temui selama mencicipi petualangan Lara Croft ini bukanlah sesuatu yang bisa dibilang memorable. Uncharted 4 sendiri sebenarnya terlibat dalam situasi yang hampir serupa, namun harus diakui punya setidaknya beberapa ekstra lagu yang cukup melekat di otak Anda. Namun kekuatannya adalah bagaimana music yang ditawarkan ini justru memperkuat atmosfer dari petualangan yang Anda jalani. Menyelami kota tua penuh misteri yang seharusnya memuat banyak harta karun di dalamnya dan justru menemukan kejutan di sana-sini, OST Uncharted 4 memerangkap sensasi misteri ada dengan jauh lebih baik. Ada sensasi petualangan dan usaha mencari jawaban yang lebih kentara di sana.

Rise of the Tomb Raider (1) vs Uncharted 4 (4)


World Design

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (105) Uncharted-4-jagatplay-PART-1-215-600x338
Anda tak akan bisa membicarakan sebuah game petualangan penuh kebudayaan dan reruntuhan kuno seperti Rise of the Tomb Raider dan Uncharted 4 tanpa membicarakan desain dunia yang ia tawarkan. Karena pada akhirnya, ada kebutuhan untuk membuat gamer percaya dan tertarik untuk mengeksplorasi reruntuhan kuno yang jadi tema utama mereka. Walaupun bergerak ke banyak tempat dengan varian lingkungan yang berbeda, sensasi dunia yang ditawarkan oleh Rise of the Tomb Raider terasa serupa satu sama lain dan sekedar berbeda dari sisi tekstur atau atmosfer yang berbeda belaka. Sementara di Uncharted 4, variasi ini terasa lebih kuat dan menarik. Anda akan menyelami sebuah hutan lebat dengan kota yang hancur berantakan, pada luas Madagascar dengan ekstra lumpur di sana-sini, kota dengan pasar ramai, hingga masa lalu yang kini sudah dikuasai kembali oleh alam dengan genangan air dan rumput tinggi di sana-sini. Kombinasi tempat yang “dingin” dari Rise of the Tomb Raider sulit untuk menundukkan variasi yang ditawarkan Naughty Dog di Uncharted 4, yang bahkan memuat sesi eksplorasi untuk sekedar melihat seperti apa kehidupan sehari-hari Nathan Drake di masa pensiunnya. Seandainya Anda bisa menjelajahi isi rumah Lara Croft untuk sekedar mencari latar belakang cerita soal ayahnya.

Rise of the Tomb Raider (1) vs Uncharted 4 (5)


Epicness

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (171) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (164)
Game mana yang berakhir lebih epic? Karena kita tahu, banyak gamer yang sempat membandingkan cita rasa seri Tomb Raider reboot di 2013 lalu dengan apa yang ditawarkan seri lawas Uncharted. Dimana tak hanya harus berhadapan dengan musuh-musuh saja, Anda juga harus melawan kondisi ekstrim dan hancurnya lingkungan yang semuanya seolah didesain untuk mengakhiri hidup Anda secepat mungkin. Lantas, siapa yang berakhir lebih epic? Siapa yang mampu menawarkan lebih banyak situasi yang tak hanya sekedar berakhir dramatis, tetapi juga penuh kejutan di sana-sini? Untuk urusan yang satu ini, Uncharted 4 kembali mendominasi. Bukan berarti Rise of the Tomb Raider buruk, tetapi ia menawarkan porsi sesi aksi yang menurut kami, berakhir kalah epic dengan apa yang ditawarkan Uncharted 4. Salah satu contoh? Ketika Nathan dan Sam bertarung melawan Nadine, ketika Nathan “tak sengaja” merobohkan menara penuh lonceng untuk meraih sebuah clue baru, atau ketika mereka harus  bertarung di tengah badai hujan. Rise of the Tomb Raider memang menawarkan beberapa scene epic, namun fakta bahwa ia berakhir lebih banyak sebagai cut-scene dan bukan sesuatu yang bisa Anda rasakan secara langsung cukup mengecewakan. Bahkan, kami tak ragu menyebut bahwa Uncharted 4 menawarkan salah satu scene game action paling fenomenal yang pernah kami temui ketika Nathan berusaha mengejar Sam yang tengah diburu oleh truk dan sepeda motor bersenjata dengan lumpur dimana-mana.

Rise of the Tomb Raider (1) vs Uncharted 4 (6)


And the Winner is: Uncharted 4!

rise of the tomb raider uncharted-4-cover-600x789
Sebuah pertarungan ketat antara dua buah game yang tak hanya berhasil menawarkan sesuatu yang jauh lebih baik daripada rilis seri sebelumnya tetapi juga menetapkan standar untuk sebuah game action yang cukup tinggi. Namun dengan semua keterbatasan yang ada, Uncharted 4 membuktikan kualitas yang membuatnya pantas menyabet gelar pemenang dari sesi GameFight kali ini. Ia mungkin tak terlalu memesona dari sisi gameplay dengan musik yang juga tak seberapa istimewa, namun hampir semua elemen lain yang ditawarkan oleh Naughty Dog berakhir nyaris sempurna. Konklusi cerita yang memuaskan, kualitas visualisasi yang memesona, salah satu scene terbaik di game action yang pernah kami temui, hingga sisi emosi karakter yang terproyeksikan begitu jelas dan kuat membuat kami akhirnya memilih Uncharted 4: A Thief’s End.
Jika Anda termasuk gamer yang pernah memainkan kedua game ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika Anda merasa bahwa penilaian di atas menganut indikator yang dirasakan tidak berimbang. Apalagi jika Anda merasa bahwa Rise of the Tomb Raider tampil jauh lebih sempurna dibandingkan Uncharted 4. Tidak ada yang lebih menarik bagi seorang gamer selain membuka diri dan bertukar sudut pandang ketika menikmati game-game terbaik yang ditawarkan oleh industri game saat ini. Please feel free to discuss!

0 komentar:

Posting Komentar