Senin, 23 Mei 2016

Review XCOM – Enemy Unknown: Game Strategi yang Kompleks, Sulit, Adiktif!


Kapan terakhir Anda merasakan atmosfer sebuah game strategi dalam kualitas yang pantas untuk diacungi jempol? Terlepas dari aktifnya industri game menelurkan begitu banyak game ke pasaran saat ini, genre taktik justru bergerak negatif, semakin jarang dan semakin dilupakan. Untungnya, ia tidak mati begitu saja. Firaxis Games dan 2K Games menelurkan seri terbaru XCOM, bertajuk Enemy Unknown untuk mengisi celah kosong yang semakin melebar ini. Tampil sebagai sebuah remake, Enemy Unknown bukanlah sekedar sebuah fan-service untuk gamer yang pernah mencintai franchise ini di masa lalu. Ia tumbuh menjadi oase bagi gamer yang merindukan sebuah game strategi yang menantang dan adiktif.
Popularitas yang rendah dan nama yang mungkin terdengar asing bagi gamer generasi baru saat ini bukanlah alasan yang legit untuk meremehkan XCOM: Enemy Unknown begitu saja. Pertama kali Anda memainkan game ini di berbagai platform yang ada, di saat yang sama pulalah Anda akan menemukan segudang alasan untuk tetap bertahan dengannya. Menggabungkan strategi pertempuran, taktik, simulasi, role-playing, dan beragam adegan sinematik dalam kompleksitas yang adiktif, hampir tidak ada alasan untuk membenci XCOM: Enemy Unknown. Bagi Anda gamer hardcore yang butuh tantangan, XCOM lebih dari cukup untuk mengurus semua resource energi tubuh Anda. Semua pesona inilah yang membuat kami jatuh cinta dengan seri game yang satu ini.
Lantas, kompleksitas seperti apa yang sebenarnya ditawarkan oleh XCOM – Enemy Unknown ini? Mengapa tantangan yang ia tawarkan justru meninggalkan adiksi tersendiri? Review Anda ini akan menggalinya lebih dalam untuk Anda.

Plot

XCOM (Extraterrestial Combat) merupakan unit pasukan khusus yang dibentuk oleh Council of Nations, sebagai reaksi dari serangan terbuka Alien di bumi
Satu hal yang paling lemah dari XCOM: Enemy Unknown mungkin ada pada sisi plot yang ditawarkan oleh Firaxis sendiri. Seperti film-film Hollywood bertema Alien dan pasukan khusus yang mungkin Anda temui di Hollywood, tidak ada cerita yang mendalam dengan twist yang menarik. Bukan hal ini yang menjadi pesona dari XCOM: Enemy Unknown.
Secara garis besar, Anda akan berperan sebagai seorang Komandan Tertinggi untuk sebuah pasukan khusus yang disebut sebagai XCOM (Extraterrestial Combat). XCOM dibentuk dari pasukan-pasukan terbaik dari seluruh negara di dunia, dan dipimpin oleh Council of Nations – sebuah organisasi ala PBB. Tujuan pembentukan XCOM tentu saja jelas, melawan balik dan menghancurkan setiap ancaman serangan Alien yang mulai menyerang negara-negara di Council of Nations secara terbuka. Tidak hanya itu saja, XCOM juga diminta untuk menginvestigasi alasan di balik serangan ini, mempelajari, dan juga mencuri teknologi mereka.
Dipandu oleh sosok misterius ini, Anda akan dipandu untuk menuju ke semua sumber ancaman di seluruh dunia.
Ini akan menjadi pertempurann yang penuh dengan darah dan air mata!
Dengan kekuasaan sebagai Komando inilah, Anda diberi kebebasan untuk membongkar unit khusus yang Anda inginkan sepanjang permainan. Tidak hanya mengatur pertempuran mereka di lapangan, Anda juga harus memastikan markas XCOM Anda dapat berjalan maksimal dan memfasilitasi semua kebutuhan yang diperlukan untuk mengalahkan para Alien ini. Tanggung jawab untuk memastikan keamanan global dengan berbagai masalah dan konflik kepentingan akan menjadi masalah Anda sepenuhnya. Dari sinilah, kekuatan XCOM: Enemy Unknown untuk memukau gamer tumbuh.

Kompleks, Sulit, dan Adiktif!

Tidak mudah untuk menentukan genre utama dari XCOM: Enemy Unknown ini sendiri. Ia menawarkan banyak elemen gameplay, dari strategi taktis, role-playing, hingga simulasi.
Tidak mudah memang untuk menyimpulkan intisari gameplay dari XCOM: Enemy Unknown ini sendiri. Mengapa? Karena ia memuat begitu banyak jenis bentuk permainan dari berbagai genre. Ia bukanlah sekedar sebuah game taktis, ia juga menawarkan kesempatan simulasi, strategi, bahkan role-playing. Bagian terbaiknya? Ini hanyalah permukaan dari kompleksitas yang akan Anda temukan di dalamnya.
Sebagai komando tertinggi dari XCOM, ada dua jenis gameplay yang akan menuntut partisipasi aktif Anda dan menjadi bagian utama dari seri terbaru ini sendiri. Pertama, tentu saja mengorganisasi pasukan khusus yang dilempar untuk menangani setiap ancaman yang ada. Seperti game strategi taktik konvensional, Anda akan menjalankan tim XCOM beranggotakan 4-6 orang, dengan spesialisasi peran dan senjatanya masing-masing. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan memiliki skill yang dapat digunakan untuk menyerang maupun bertahan. Dengan gameplaynya yang berbasis turn-based, strategi untuk memanfaatkan setiap turn yang ada tentu saja akan memainkan peran yang krusial. Anda dapat memanfaatkan semua kesempatan aksi Anda hanya untuk bergerak, bergerak dan menyerang, atau diam dan menyerang dua kali. Satu yang pasti, Anda tidak akan dapat memastikan kemenangan dengan hanya sekedar mengepung dan menyerang secara membabi-buta.
Ada dua format gameplay utama yang ditawarkan di seri terbaru ini. Sebagai Komandan tertinggi, Anda juga diharuskan untuk mengatur pasukan khusus Anda di pertempuran. Tidak sekedar membabi buta, banyak pemikiran strategis yang perlu Anda tempuh sebelum akhirnya memutuskan untuk bergerak, berlindung, atau menyerang.
Anda akan mulai berharap agar setiap serangan yang diluncurkan oleh anggota tim Anda dapat mengirimkan damage fatal yang dibutuhkan.
Ada beragam varian Aliens yang Anda temukan selama perang, masing-masing dengan spesialisasi senjata, karakteristik sifat, dan strategi yang unik. Percayalah, mereka sama pintarnya dengan Anda!
Berbeda dengan game strategi biasa yang memungkinkan Anda untuk berdiri di daerah terbuka, Anda tidak  bisa melakukan hal yang sama di XCOM: Enemy Unknown. Seperti halnya kondisi yang Anda temukan di pertempuran dunia nyata, Anda harus memastikan agar setiap anggota tim ini bergerak dan berlindung di setiap cover yang ada untuk meminimalisir damage yang mungkin ditimbulkan oleh para Aliens. Strategi terbaik adalah mendekat ke posisi musuh untuk memperbesar probabilitas keberhasilan serangan, namun sekaligus juga memastikan mereka bergerak perlahan di setiap cover yang ada. Sekedar berjalan dan berlari tanpa pertimbangan hanya akan berujung pada pertumpahan darah yang sia-sia. Anda juga dapat menyerang jarak jauh dengan senjata berat nan destruktif seperti rocket launcher maupun granat.
Untuk sisi gameplay yang satu ini, kompleksitas dan kesulitan datang dari beragam jenis Aliens yang Anda temukan. Firaxis harus diakui, berhasil menciptakan AI yang luar biasa. Mereka akan bergerak secara berkelompok, mencari cover terbaik, bahkan menggunakan skill dan granat jika menguntungkan mereka. Ini baru satu dari sedikit Alien yang Anda temukan. Sepanjang permainan, Anda akan menemukan segudang varian Aliens dengan beragam spesialisasi serangan dan sifat yang juga berbeda. Setiap musuh ini mengandung potensi bahayanya sendiri, dan selalu mematikan. Ada Chrysalid yang mampu mengubah Anda menjadi zombie dan memperbesar ancaman, ada Muton dengan serangan fatal dan akurasi tinggi, hingga Cyberdisc yang mampu berubah menjadi robot. Salah langkah sedikit saja, maka semua Aliens ini akan mencabut nyawa Anda dengan mudahnya. Melawan serangan terorganisir dari semua Aliens ini akan membuat frustrasi pada satu titik. Bayangkan jika Anda harus berhadapan dengan 19 aliens secara langsung di sebuah misi.
Tidak hanya mengatur pasukan di arena pertempuran, sebagai komandan tertinggi di XCOM, Anda juga akan dihadapkan pada tugas gameplay kedua yang tidak kalah beratnya. Anda harus mengatur agar markas Anda mampu memfasilitasi semua kebutuhan the Council of Nations, mengamankan mereka, dan memperkuat pasukan Anda dengan teknologi terbaru. Anda dapat memeriksa tingkat kepanikan dari setiap negara yang tergabung di dalam Council of Nations lewat sebuah interface yang sederhana. Anda dapat meluncurkan satelit untuk setiap negara ini dan menyiapkan Interceptors untuk menyerang para UFO sebelum mereka dapat mendarat di negara-negara ini. Semakin banyak satelit yang Anda tugaskan untuk sebuah negara, semakin rendah pula tingkat kepanikan negara ini. Keuntungan yang lain? Anda juga akan mendapatkan pasokan dana yang lebih besar / bulan untuk mendanai operasi XCOM, setiap kali Anda berhasil meluncurkan satelit dan menjamin keamanan negara-negara ini. Ingat, permainan Anda akan berakhir begitu 8 negara atau lebih meninggalkan Council of Nations karena tingkat kepanikan yang terlalu tinggi.
Sebagai Komandan Tertinggi, Anda juga berkewajiban untuk membentuk markas XCOM yang efektif dan mampu memfasilitasi setiap kebutuhan pasukan Anda untuk memenangkan perang.
Melakukan penelitian, membangunnya di Engineering akan membantu pasukan Anda untuk mendapatkan senjata dan armor yang lebih baik. Namun tidak hanya itu saja, Anda juga dapat membangun beragam fasilitas baru untuk beragam keuntungan XCOM sendiri. Ada begitu banyak pertimbangan.
Didanai oleh Council of Nations, sudah menjadi kewajiban Anda untuk melindungi setiap negara yang bergabung di dalamnya. Jika Anda gagal menangkal serangan yang ada, tingkat kepanikan di negara ini akan meningkat. Hingga batas maksimal? Sang negara akan keluar dari koalisi, yang otomatis berpengaruh pada pendapatan Anda / bulan. Jika sampai 8 negara yang keluar, misi Anda dianggap gagal sepenuhnya.
Apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan XCOM Anda jauh lebih efektiif? Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Anda bisa melakukan research berkala untuk membuka pengetahuan, teknologi, dan sisi cerita lain tentang serangan Alien ini. Research akan membuka opsi senjata dan armor yang lebih kuat untuk Anda bangun di Engineering. Anda bisa membangun teknologi yang Anda butuhkan, tidak hanya untuk memperkuat setiap pasukan, tetapi juga Interceptors dan satelit Anda. Namun tidak semua hal dapat diselesaikan dengan hanya membuka opsi ini. Anda bisa membuka lebih banyak fitur dengan membuka lebih banyak fasilitas dan tempat di markas XCOM Anda, dari Foundry hingga Steam Generator sebagai sumber listrik. Kemampuan management Anda untuk memaksimalkan resource yang terbatas akan sangat diuji di gameplay yang satu ini.
Dengan kompleksitas permainan seperti ini, tidak perlu diragukan lagi bahwa XCOM: Enemy Unknown akan menawarkan atmosfer permainan yang super unik. Di satu sisi, ia begitu kompleks dan sulit, namun di sisi yang lain, tantangan ini akan menciptakan adiksi lewat beragam proses trial and error yang akan terus Anda lakukan menghadapi para Aliens super pintar dan kuat ini.

Anda akan Merasakan Attachment yang Kuat dengan Setiap Karakter!

Anehnya, Anda akan merasakan sebuah keterikatan, attachment yang unik dengan beberapa unit pasukan yang Anda kendalikan.
Bekerja sebagai seorang Komandan yang mengepalai sebuah organisasi militer yang menentukan nasib dunia, tentu bukan urusan mudah. Apalagi jika setiap dari mereka ada pasukan elite yang muncul dari beragam negara yang bergabung di Council of Nations. Lewat kompleksitas permainan dan tingkat kesulitan tinggi yang Anda temukan, secara menakjubkan, Anda akan menemukan sensasi yang unik untuk setiap anggota tim yang Anda miliki. Ada perasaan terikat, attachment yang begitu kuat untuk setiap dari mereka, apalagi jika mereka sudah mengikuti Anda sejak awal pertempuran.
Elemen RPG akan terlihat kuat ketika Anda mulai mengorganisasi pasukan Anda sendiri. Pertempuran akan memberikan sejumlah experience points dan memungkinkan setiap karakter ini untuk mencapai level tertentu, pangkat, dan mengambil beragam skill yang lebih spesifik. Anda harus menentukan peran untuk memperkuat setiap tim yang ada untuk kemampuan perang yang lebih maksimal. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat memperkuat setiap dari karakter ini dengan beragam equipment yang Anda dapatkan dari Engineering. Equipment dan aksesoris yang lebih reliable tentu saja menjamin pertempuran yang lebih mudah untuk diselesaikan.
Ancaman permanent death akan menjadi pendorong bagi Anda untuk mementingkan keselamatan pasukan lebih dari apapun. Anda juga dapat memodifikasi tampilan karakter untuk memunculkan efek personalisasi yang unik. Jangankan mati, melihat mereka cedera dan butuh waktu sembuh selama puluhan hari saja sudah cukup untuk membaut Anda panik.
Untuk meminimalisir ancaman kematian? Selain memastikan strategi pertempuran yang tepat dan terencana matang, Anda juga dapat menyediakan armor, senjata ,dan item pendukung yang tepat.
Lantas darimana perasaan terikat ini akan muncul? Dari sistem Permanent Death yang Anda temukan di XCOM: Enemy Unknown ini. Setiap Aliens berbahaya tidak hanya karena kekuatan mereka, tetapi karena kemampuan mereka untuk membunuh karakter Anda secara permanen. Setiap karakter, level berapapun dan sekuat apapun, tidak akan dapat lagi Anda gunakan begitu ia tewas di pertempuran. Karena ketergantungan inilah, Anda akan mulai mengenali dan memperkuat beberapa karakter tertentu yang seringkali Anda gunakan, memastikan keselamatan mereka sebagai faktor terpenting daripada sekedar menang dan bertempur membabi buta. Anda juga akan mulai merasa sedih dan terpukul begitu mereka mengalami cedera parah dan harus beristirahat beberapa hari setelah pertempuran. Oleh karena itu, menjadi hal yang sangat penting untuk melakukan save secara berkala. Akan lebih baik jika Anda mengulang permainan jika karakter andalan Anda tewas, daripada memaksakan diri untuk melanjutkannya, apalagi ketika pertempuran bertambah sulit.

Better with PC

Bukan masalah estetika yang membuat XCOM: Enemy Unknown akan tampil lebih baik di PC. Tetapi hadirnya fitur Quick Save, yang akan menjadi survival kit terbaik Anda untuk menempuh pertempuran dengan lebih “aman”.
Dari semua platform gaming yang ditawarkan oleh Firaxis, PC menjadi platform gaming terbaik yang bisa Anda dapatkan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih bersahabat dari XCOM: Enemy Unknown. Apa pasal? Kita tidak sedang membicarakan visualisasi, framerate yang lebih tinggi, atau hanya sekedar detail lingkungan yang lebih tinggi. Walaupun Firaxis harus diakui berhasil membangun UI yang cukup mudah dikuasai dan adaptif untuk XCOM: Enemy Unknown versi konsol (setidaknya dari versi XBOX 360 yang kami jajal), ada satu fitur krusial yang tidak disuntikkan untuknya. Benar sekali, kita membicarakan fitur untuk melakukan Quick Save yang akan menentukan keberhasilan Anda.
Dengan permanent death dan pertempuran yang sulit dan ketat, fitur untuk melakukan Quick Save tentu akan menjadi “jawaban” paling mumpuni untuk setidaknya, memudahkan tantangan yang harus Anda hadapi. Kami bahkan menyarankan Anda untuk memaksimalkan fungsi ini, bahkan ketika Anda meraih sedikit progress di dalam pertarungan yang sedang Anda jalani. Ada begitu banyak hal yang bisa terjadi di XCOM: Enemy Unknown dan 80%-nya akan mampu membuat kepala pasukan Anda pecah dengan seketika. Quick save boleh disimpulkan sebagai survival kit terbaik untuk memastikan tidak ada korban sia-sia yang harus Anda hadapi.

Kesimpulan

, XCOM: Enemy Unknown mampu membuktikan diri sebagai sebuah game strategi taktis yang menarik, menantang, dan sekaligus adiktif. Ia seolah menjadi oase paling segar yang bisa Anda temukan saat ini di kala kekeringan game strategi yang akan membuat Anda betah berlama-lama di depan layar monitor / televisi Anda!
Firaxis Games dan 2K Games harus diakui berhasil menciptakan sebuah game strategi taktis yang luar biasa lewat XCOM: Enemy Unknown. Walaupun diposisikan sebagai remake dari seri klasik yang sempat populer di tahun 90-an, seri terbaru ini menawarkan banyak hal yang akan membuat Anda jatuh cinta ketika memainkannya. Kompleksitas permainan sebagai sebuah game simulasi, role-playing, dan strategi taktik, dibalut dengan adegan sinematik dan tingkat kesulitan yang tinggi, XCOM: Enemy Unknown akan memaksa Anda untuk terus melakukan proses trial and error, yang akhirnya berujung pada adiksi. Ia bukanlah sebuah game yang hanya menutut Anda untuk membangun pasukan dan sekedar memenangkan pertempuran dengan hanya bergantung pada kuantitas unit. Ada begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan baik ketika Anda menjalankan pasukan maupun mengorganisasi markas Anda. Tak beda dengan sebuah permainan catur, otak  Anda akan diperas sembari mengandalkan insting dasar gaming Anda.
Namun sayangnya ada beberapa kelemahan yang patut untuk dicatat dari XCOM: Enemy Unknown ini. Salah satunya adalah sistem kamera yang terkadang menyebalkan. Anda memang dapat mengatur sudut pandang kamera dari sudut tertentu, sayangnya, tidak akan selalu berhasil menyediakan sudut pandang yang Anda butuhkan. Hal ini akan semakin diperparah ketika Anda mulai bertempur indoor dan butuh untuk bergerak ke lantai lebih tinggi dengan presisi gerakan yang tepat. Tidak jarang Anda akan kesulitan untuk melakukan hal ini, karena sudut kamera yang seringkali membuat lantai 2 transparan dan justru dinaiki. Menyebalkan memang. Selain sudut kamera, berbagai misi dengan tingkat kesulitan yang kurang rasional juga menjadi kelemahan yang akan Anda temui. Tidak jarang Anda akan merasa frustrasi karena hal ini. Bukan karena skill Anda yang lemah atau perencanaan Anda yang kurang matang, namun beberapa level memang didesain seolah tidak dapat ditaklukkan. Oh, you gonna hate it!
Terlepas dari semua kekurangan yang ada, XCOM: Enemy Unknown mampu membuktikan diri sebagai sebuah game strategi taktis yang menarik, menantang, dan sekaligus adiktif. Ia seolah menjadi oase paling segar yang bisa Anda temukan saat ini di kala kekeringan game strategi yang akan membuat Anda betah berlama-lama di depan layar monitor / televisi Anda. Sebuah game yang wajib Anda mainkan!

Kelebihan

Dengan resource yang sangat terbatas, setiap tindakan butuh perencanaan yang matang, bahkan ketika Anda melakukan ekspansi base sekalipun. Otak Anda akan diperas keras.
  • Kompleksitas gameplay
  • Varian musuh dengan sifat dan karakteristik uniknya masing-masing
  • Tingkat kesulitan yang menantang
  • Organisasi markas XCOM yang butuh banyak pertimbangan
  • Attachment dengan karakter yang ada
  • Permanent Death yang membuat semuanya jadi lebih “menyeramkan”
  • Adiktif

Kekurangan

Sudut kamera yang tidak adaptif bisa jadi sangat menyebalkan ketika Anda butuh padangan yang jelas akan kondisi di sekitar pertempuran.
  • Plot
  • Kamera yang tidak adaptif
  • Beberapa misi terasa hampir mustahil untuk diselesaikan
Cocok untuk gamer: hardcore, penggemar game strategi berkualitas, penikmat XCOM di masa lalu
Tidak cocok untuk gamer: casual, mudah frustrasi, punya kecenderungan untuk bunuh diri

0 komentar:

Posting Komentar