Sabtu, 21 Mei 2016

PopCap Pastikan Permainan Bejeweled Baru

- Bapak Pendiri Permainan Kasual Menjadi Kakek Dengan Peluncuran Bejeweled Twist pada Oktober DUBLIN, Irlandia 30 September (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- PopCap Games, pengembang sekaligus penerbit terkemuka permainan kasual, mengumumkan akan meluncurkan pada Oktober, versi baru waralaba unggulan PopCap, yakni Bejeweled - permainan kasual terpopuler di abad ke-21. Permainan baru ini, yang bertajuk Bejeweled Twist, telah dikembangkan selama lebih dari tiga tahun dan akan membawa perspektif baru ke jenis (genre) permainan teka-teki (puzzle) "Match-3" yang dirintis permainan Bejeweled orisinil delapan tahun yang lalu. Meskipun PopCap enggan merinci permainan itu, mereka telah mengumumkan rencana memperkenalkan secara resmi permainan tersebut pada acara besar-besaran pada Senin malam, 27 Oktober 2008 - acara peluncuran terspektakuler dalam sejarah permainan kasual. Mula-mula, permainan ini akan tersedia hanya melalui unduhan Web dari http://www.popcap.com dan PopCap memastikan bahwa versi bahasa lokal permainan ini juga akan menyusul. Dari PC dan Mac, konsol PlayStation dan Xbox sampai telepon selular (ponsel), PDA, iPod dan iPhone, Bejeweled tersedia untuk banyak alat dan platform serta merupakan permainan kasual terpopuler di abad ke-21. Lebih dari 350 juta salinan (copy) Bejeweled/Bejeweled 2 telah diunduh dari Web, mencakup hampir sepertiga dari lebih dari satu miliar unduhan semua judul PopCap. Puluhan juta copy Bejeweled telah terpasang pada ponsel di seluruh dunia, dan lebih dari 25 juta unit permainan telah terjual di semua platform, yang menambah belanja konsumen menjadi lebih dari $300 juta dalam sejarah permainan tersebut. "Sebagai permainan pertama dan terpopuler kami, kami khususnya mementingkan Bejeweled dan ingin memastikan bahwa penawaran kami selanjutnya dalam jajaran ini memberikan inovasi, kesempurnaan, dan kesenangan sebanyak mungkin," jelas Jason Kapalka, pendiri bersama sekaligus kepala kreatif PopCap. "Kami telah lama melahirkan dan merancang arah baru bagi Bejeweled Twist. Permainan ini akan segera dikenali para penggemar Bejeweled, dan dapat diperoleh sebagaimana halnya judul sebelumnya dalam seri ini, namun jauh lebih dalam dan fleksibel. Versi sebelumnya Bejeweled menarik sangat banyak pemirsa, namun kami yakin Bejeweled akan menawarkan pengalaman penting bagi siapa saja, dari pemain baru sampai pemain yang benar-benar menggilainya." Semua rincian lain Bejeweled Twist saat ini masih dirahasiakan dan akan diungkapkan pada peluncuran besar-besaran permainan tersebut di Seattle pada 27 Oktober. Para wartawan terpercaya yang ingin menghadiri acara itu seyogyanya menghubungi PopCap PR (di atas). Tentang PopCap PopCap Games (http://www.popcap.com) adalah penyedia beragam platform terkemuka "permainan kasual" - permainan komputer yang menyenangkan, mudah dipelajari dan memukai yang menarik siapa saja mulai dari usia enam tahun sampai 106 tahun. PopCap, yang berkedudukan di Seattle, Washington, didirikan pada 2000 dan punya karyawan di seluruh dunia berjumlah lebih dari 200 orang di Seattle, San Francisco, Chicago, Vancouver, B.C., Dublin, Irlandia dan Shanghai. Permainannya telah diunduh lebih dari satu miliar kali oleh para konsumen di seluruh dunia, dan judul unggulannya, Bejeweled(R), telah terjual lebih dari 25 juta unit di semua platform. Permainan PopCap, yang terus-menerus dipuji oleh konsumen dan kritikus, dimainkan di Web, komputer meja, peralatan mudah-pindah (telepon selular, telepon pintar, PDA, PC saku, iPod, iPhone dan banyak lagi) konsol permainan populer (seperti Xbox), dan sistem hiburan dalam penerbangan. PopCap satu-satunya pengembang permainan kasual dengan pangsa pasar terbesar di semua saluran penjualan utama, termasuk portal Web, toko eceran, konsol, ponsel dan alat pemutar MP3. Logo PopCap dan semua merek dagang lain yang dipakai di sini yang tercantum di http://www.popcap.com/trademarks dimiliki oleh PopCap Games, Inc. atau pemberi lisensinya dan boleh jadi terdaftar di beberapa negara. Nama perusahaan dan produk lain yang dipakai di sini boleh jadi merek dagang pemiliknya masing-masing dan digunakan untuk keuntungan pemilik itu


Beberapa waktu yang lalu kami telah memberitakan bahwa studio pengembang game THQ mengalami kebangkrutan, dan asetnya telah diambil alih oleh beberapa perusahaan. SEGA dan Ubisoft menjadi dua perusahaan yang mengambil sebagian besar aset dari THQ.

Nah akar permasalahan bangkrutnya THQ mulai terkuak secara pelahan. Walau sudah banyak yang mengetahui penyebab tak langsungnya, tapi tidak menduga bahwa THQ akan lenyap secepat itu.

Ada 2 faktor utama yang menyebabkan THQ harus gulung tikar. Faktor pertama adalah karena perilisan uDraw GameTablet, dan yang kedua adalah karena batalnya proyek WarHammer 40K MMO.

uDraw GameTablet

Membuat sebuah konsol dengan game yang bisa dijalankan sebuah tablet (bisa untuk menggambar), adalah proyek ambisius dari THQ. Ketika tablet ini diluncurkan pada konsol Wii, penjualannya cukup lumayan.

Namun kesalahan perhitungan terjadi pada THQ, dimana ketika tablet game ini dirilis pada Xbox 360 dan PS3, penjualannya jauh di bawah harapan.

Akibatnya THQ diperkirakan rugi hingga ratusan juta Dollar. THQ juga akhirnya menutup produksi uDraw pada Februari 2012, dengan stok yang masih menumpuk di gudang mereka.

Warhammer 40K MMO

Dampak kerugian THQ juga berdampak pada pengembangan game Warhammer 40K MMO, yang sedang dikerjakan oleh THQ pada tahun 2012.

THQ kekurangan modal karena investasi gagal dilakukan pada uDraw. Alih-alih mereka berusaha mencari partner bisnis untuk membantu permodalan mereka, namun tampaknya tidak ada yang berminat untuk mendukung game ini.

Akhirnya THQ terpaksa merumahkan 118 karyawannya yang bekerja membangun game Warhammer ini, dan terpaksa proyek game ini juga dibatalkan.

Dalam bisnis dengan pengeluaran skala besar harus berhati-hati. Memang kalau berhasil bisa menjadi 'raja', tapi kalau gagal bisa jadi 'gembel' atau dengan kata lain. 'bangkrut'.

0 komentar:

Posting Komentar