- Bapak Pendiri Permainan Kasual Menjadi Kakek Dengan Peluncuran Bejeweled Twist pada Oktober
DUBLIN, Irlandia 30 September (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- PopCap
Games, pengembang sekaligus penerbit terkemuka permainan kasual,
mengumumkan akan meluncurkan pada Oktober, versi baru waralaba unggulan
PopCap, yakni Bejeweled - permainan kasual terpopuler di abad ke-21.
Permainan baru ini, yang bertajuk Bejeweled Twist, telah dikembangkan
selama lebih dari tiga tahun dan akan membawa perspektif baru ke jenis
(genre) permainan teka-teki (puzzle) "Match-3" yang dirintis permainan
Bejeweled orisinil delapan tahun yang lalu.
Meskipun PopCap enggan merinci permainan itu, mereka telah
mengumumkan rencana memperkenalkan secara resmi permainan tersebut pada
acara besar-besaran pada Senin malam, 27 Oktober 2008 - acara peluncuran
terspektakuler dalam sejarah permainan kasual. Mula-mula, permainan ini
akan tersedia hanya melalui unduhan Web dari http://www.popcap.com dan
PopCap memastikan bahwa versi bahasa lokal permainan ini juga akan
menyusul.
Dari PC dan Mac, konsol PlayStation dan Xbox sampai telepon selular
(ponsel), PDA, iPod dan iPhone, Bejeweled tersedia untuk banyak alat
dan platform serta merupakan permainan kasual terpopuler di abad ke-21.
Lebih dari 350 juta salinan (copy) Bejeweled/Bejeweled 2 telah diunduh
dari Web, mencakup hampir sepertiga dari lebih dari satu miliar unduhan
semua judul PopCap. Puluhan juta copy Bejeweled telah terpasang pada
ponsel di seluruh dunia, dan lebih dari 25 juta unit permainan telah
terjual di semua platform, yang menambah belanja konsumen menjadi lebih
dari $300 juta dalam sejarah permainan tersebut.
"Sebagai permainan pertama dan terpopuler kami, kami khususnya
mementingkan Bejeweled dan ingin memastikan bahwa penawaran kami
selanjutnya dalam jajaran ini memberikan inovasi, kesempurnaan, dan
kesenangan sebanyak mungkin," jelas Jason Kapalka, pendiri bersama
sekaligus kepala kreatif PopCap. "Kami telah lama melahirkan dan
merancang arah baru bagi Bejeweled Twist. Permainan ini akan segera
dikenali para penggemar Bejeweled, dan dapat diperoleh sebagaimana
halnya judul sebelumnya dalam seri ini, namun jauh lebih dalam dan
fleksibel. Versi sebelumnya Bejeweled menarik sangat banyak pemirsa,
namun kami yakin Bejeweled akan menawarkan pengalaman penting bagi siapa
saja, dari pemain baru sampai pemain yang benar-benar menggilainya."
Semua rincian lain Bejeweled Twist saat ini masih dirahasiakan dan
akan diungkapkan pada peluncuran besar-besaran permainan tersebut di
Seattle pada 27 Oktober. Para wartawan terpercaya yang ingin menghadiri
acara itu seyogyanya menghubungi PopCap PR (di atas).
Tentang PopCap
PopCap Games (http://www.popcap.com) adalah penyedia beragam
platform terkemuka "permainan kasual" - permainan komputer yang
menyenangkan, mudah dipelajari dan memukai yang menarik siapa saja mulai
dari usia enam tahun sampai 106 tahun. PopCap, yang berkedudukan di
Seattle, Washington, didirikan pada 2000 dan punya karyawan di seluruh
dunia berjumlah lebih dari 200 orang di Seattle, San Francisco, Chicago,
Vancouver, B.C., Dublin, Irlandia dan Shanghai. Permainannya telah
diunduh lebih dari satu miliar kali oleh para konsumen di seluruh dunia,
dan judul unggulannya, Bejeweled(R), telah terjual lebih dari 25 juta
unit di semua platform. Permainan PopCap, yang terus-menerus dipuji oleh
konsumen dan kritikus, dimainkan di Web, komputer meja, peralatan
mudah-pindah (telepon selular, telepon pintar, PDA, PC saku, iPod,
iPhone dan banyak lagi) konsol permainan populer (seperti Xbox), dan
sistem hiburan dalam penerbangan. PopCap satu-satunya pengembang
permainan kasual dengan pangsa pasar terbesar di semua saluran penjualan
utama, termasuk portal Web, toko eceran, konsol, ponsel dan alat
pemutar MP3.
Logo PopCap dan semua merek dagang lain yang dipakai di sini yang
tercantum di http://www.popcap.com/trademarks dimiliki oleh PopCap
Games, Inc. atau pemberi lisensinya dan boleh jadi terdaftar di beberapa
negara. Nama perusahaan dan produk lain yang dipakai di sini boleh jadi
merek dagang pemiliknya masing-masing dan digunakan untuk keuntungan
pemilik itu
Nah akar permasalahan bangkrutnya THQ mulai terkuak secara pelahan. Walau sudah banyak yang mengetahui penyebab tak langsungnya, tapi tidak menduga bahwa THQ akan lenyap secepat itu.
Ada 2 faktor utama yang menyebabkan THQ harus gulung tikar. Faktor pertama adalah karena perilisan uDraw GameTablet, dan yang kedua adalah karena batalnya proyek WarHammer 40K MMO.
uDraw GameTablet
Membuat sebuah konsol dengan game yang bisa dijalankan sebuah tablet (bisa untuk menggambar), adalah proyek ambisius dari THQ. Ketika tablet ini diluncurkan pada konsol Wii, penjualannya cukup lumayan.
Namun kesalahan perhitungan terjadi pada THQ, dimana ketika tablet game ini dirilis pada Xbox 360 dan PS3, penjualannya jauh di bawah harapan.
Akibatnya THQ diperkirakan rugi hingga ratusan juta Dollar. THQ juga akhirnya menutup produksi uDraw pada Februari 2012, dengan stok yang masih menumpuk di gudang mereka.
Warhammer 40K MMO
Dampak kerugian THQ juga berdampak pada pengembangan game Warhammer 40K MMO, yang sedang dikerjakan oleh THQ pada tahun 2012.
THQ kekurangan modal karena investasi gagal dilakukan pada uDraw. Alih-alih mereka berusaha mencari partner bisnis untuk membantu permodalan mereka, namun tampaknya tidak ada yang berminat untuk mendukung game ini.
Akhirnya THQ terpaksa merumahkan 118 karyawannya yang bekerja membangun game Warhammer ini, dan terpaksa proyek game ini juga dibatalkan.
Dalam bisnis dengan pengeluaran skala besar harus berhati-hati. Memang kalau berhasil bisa menjadi 'raja', tapi kalau gagal bisa jadi 'gembel' atau dengan kata lain. 'bangkrut'.
0 komentar:
Posting Komentar