Tagline
Unity merupakan ekosistem pengembangan 
game: mesin render yang kuat terintegrasi dengan satu set lengkap alat 
intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat konten 3D interaktif, 
penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di
 Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.
Untuk developer dan studio independen, 
Unity dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan biaya 
hambatan untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan 
Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka: 
menciptakan permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada 
platform apapun.
Unity Software
Unity merupakan suatu aplikasi yang 
digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk 
mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi 
yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang 
sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah 
dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking 
teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis 
tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format 
file, terutamanya format umum seperti semua format dari art 
applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada 
Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, 
Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk 
membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur 
dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan 
plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh
 Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets 
Mac. Unity juga akan mendukung  console terbaru seperti PlayStation 3 
dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation 
Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity 
Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara
 dua pada Apple Design Awards.
Server aset dari Unity dapat digunakan 
semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat 
mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file
 multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka,
 itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis.
 Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file 
yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows 
dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity ada dua
 bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk 
gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada 
dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek 
texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk 
game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan 
Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan 
melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, 
iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada 
Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada 
Android.
Sejarah Unity dan Perkembangannya
Unity 3d adalah salah satu software yang 
bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan software
 atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk 
membuat animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat  dijelaskan sebagai salah 
satu software untuk mengembangkan video game atau disebut juga game 
engine , yang sebanding dengan game engine yang lain contohnya saja: 
Director dan Torque game engine. Unity sebanding dengan mereka ( 
Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama – sama menggunakan 
grafis yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.
Dalam beberapa tahun perkembangannya, 
sebelum dirilis, Unity telah diluncurkan pertama kali sebagai versi pra –
 rilis dengan GooBall sebuah video game yang didesain khusus untuk Apple
 Macintosh.
GooBall, dengan unity pra – rilis , telah
 diluncurkan atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu 
Unity diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial 
pada dua bulan setelahnya yaitu bulan Juni tahun 2005.
Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, 
aplikasi pengembang game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design 
awards dalam kategori “Best OS X Graphics”.
Unity juga disebut sebagai aplikasi 
pengembang multiplatform, yang mana artinya unity mendukung untuk 
mengembangkan aplikasi game dan aplikasi yang lain untuk beberapa 
platforms seperti game console, Mobile Phone platforms, Windows dan OS 
X.
Sejak unity secara resmi dirilis sebagai 
Unity versi 1.0.1, banyak pembaharuan (update), upgrades dan fitur yang 
telah ditambahkan selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus 
berkembang secara terus – menerus. Sekarang ini Unity sudah ada pada 
versi 3.0 yang telah diumumkan pada bulan Maret 2010, bagaimanapun versi
 ini masih didalam pre order, yang mana artinya pengguna dapat memesan 
tetapi sebenarnya software masih belum rilis untuk pengiriman.
Unity ada atau datang dengan beberapa 
pilihan perijinan (license), berkisar dari yang gratis untuk Unity paket
 utama ( dasar ) untuk Unity pro,  untuk satu license dijual dengan 
harga $1200. Baik Unity yang versi gratis dan Unity yang versi pro 
menawarka banyak fitur yang dapat digunakan, masih untuk yang versi 
gratis memperlihatkan sebuah halaman spash pada game yang tetap 
(regular) , dan desain untuk game online menggunakan Unity watermark.
Lebih dari beberapa tahun banyak game 
yang dikembangkan dan dibuat berjalan pada Unity, beberapa lebih 
ketetapan berada dalam satu bungkus atau masukkan: Butuh Kecepatan: 
Dunia, yang mana sekarang ini dalam perkembangan dan waktunya rilis 
berikutnya pada tahun ini, WolfQuest, yang mana rilis pada tahun 2007, 
Tiger Woods PGA Tour Online , yang mana telah dibuat pada April pada 
tahun 2007 dan Atmosphir , yang mana banyak game baru yang dapat 
berjalan di Unity.
Harus di catat akan dapat mengembangkan 
game untuk Iphone/Ipad platform, degan melakukan upgrade plug-in yang 
dibutuhkan oleh Uniy, untuk licensenya dapat diperoleh pada website 
Unity.
Fitur-fitur- Rendering
 
Graphics engine yang digunakan adalah 
Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL 
ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk 
bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient
 occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture 
and full-screen post-processing effects.[4]
Unity dapat mengambil format desain dari 
3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, 
Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset 
tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical 
user interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang digunakan 
untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari 
fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. 
Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi 
fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai 
macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, 
maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat 
menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan 
diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan 
Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan 
kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel 
yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan
 lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat FPS.
- Scripting
 
Script game engine dibuat dengan Mono 
2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer 
dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi 
dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo 
(terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan 
dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang 
terkustomisasi untuk debug script.
- Asset Tracking
 
Unity juga menyertakan Server Unity Asset
 – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. 
Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio 
dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg 
Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, 
engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, 
Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global 
illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, 
dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
- Platforms
 
Unity support pengembangan ke berbagai 
plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim 
keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga 
mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di 
setiap platform yang didukung.
Saat ini platform yang didukung adalah 
BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android,
 iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and 
Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga 
mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan 
Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana platform berikutnya adalah 
PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan 
HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan 
disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.
- Asset Store
 
Diluncurkan November 2010, Unity Asset 
Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store 
terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models,
 textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial
 dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.
- Physics
 
Unity juga memiliki suport built-in untuk
 PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia) 
dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada 
arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.






0 komentar:
Posting Komentar